Minggu, 09 Desember 2012

ARTIKEL MATERI KE 9 BAGIAN 1 MEMBANGUN HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN

10 cara membangun hubungan yang baik dengan pelanggan

 alam menghadapi konsumen, kita perlu memiliki komunikasi yang baik dengan para pelanggan. Untuk menciptakan keberhasilan usaha komunikasi, ada baiknya kita mempersiapkan beberapa hal berikut:

1.Ciptakan kesan pertama yang luar biasa
Kesan tersebut dapat diciptakan dengan senyuman yang tulus, busana yang sesuai, salaman yang hangat, ketepatan waktu janji, bahasa tubuh yang sopan, jujur, dan terstruktur saat berbicara, tetap positif, tidak berpura-pura, dsb. Jika kita bisa konsisten dalam melakukan hal tersebut secara positif, maka para pelanggan akan sangat terpengaruh secara mendalam.
2.Sebagai komunikator, jangan gunakan kata-kata yang rumit dan panjang
Hal ini dapat melelahkan para pendengarnya. Tapi juga bisa mengaburkan substansi pesan serta kesalahpahaman menangkap substansi pembicaraan.
3.Tetap tersenyum
Senyum itu menular. Semua orang akan merasa nyaman berada di sisi orang yang tersenyum daripada yang ditekuk.
4.Sedia untuk memberikan bantuan
Kesediaan kita dalam membantu para pelanggan kapan pun mereka menginginkannya itu sangatlah penting . Hubungan sales people dengan konsumen tidaklah selalu melulu berhubungan dengan materi, tapi juga sentuhan psikologis terhadap mereka.
5.Gunakan kata-kata yang positif
Rangkaian kata-kata yang positif yang diberikan akan membuat pendengarnya optimis, percaya diri, semangat, inovatif, kreatif, energik, bahagia dan lain-lainnya.
6.Berbicaralah dengan antusias
Para pembeli produk akan merasa nyaman dan terhormat jika kita memperlakukan mereka dengan hormat, bermartabat, dan sopan.
7.Biarkan mata Anda berbicara
Pelayanan yang baik akan selalu menunjukkan tatapan yang tulus dan sopan. Mata adalah jendela hati.
8.Ketulusan
Sekalipun tidak bersuara, ketulusan itu dapat terlihat dari guratan wajah dan gerak-gerik bahasa tubuh.
9.Jaga emosi
Sales people biasanya mudah terpancing secara emosional ketika menerima keluhan yang diungkapkan secara tidak simpatik oleh para pelanggan mereka.
10.Sikap kita
Yang paling penting bukanlah yang terlihat dari luar, tapi dari dalam.
Manakah dari 10 hal di atas yang sudah kita praktekkan? Adakah hal yang lain selain kesepuluh hal ini yang bisa kita gunakan dalam membangun hubungan dengan konsumen? Jika Anda punya ide-ide lainnya, Anda bisa menyampaikannya di sini…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar