Minggu, 09 Desember 2012

ARTIKEL MATERI KE 12 TENTANG MEMAHAMI INFORMASI KEUANGAN DAN AKUNTANSI

artikel *memahami INFORMASI keuangan dan akuntansi*
CARA MUDAH MEMAHAMI KEUANGAN DAN AKUNTANSI
Laporan Keuangan bukanlah satu-satunya hasil produksi bidang akuntansi, dia dapat dipakai secara luas untuk pengambilan keputusan. Sebagai bahasa bisnis, akuntansi adalah disiplin yang mau tidak mau harus dipahami oleh para pelaku bisnis yang selalu berkecimpung dengan tumbukan laporan keuangan . Memahami disiplin ilmu ini akan bermanfaat dalam mengoptimalkan penggunaan informasi keuangan untuk pengambilan keputusan.
Buku ini memaparkan mulai dari apa itu akuntansi, bagaimana proses pembuatan laporan keuangan, kerangka konsep akuntansi, penerapannya di Indonesia, sampai pada bagian-bagian utama laporan keuangan seperti tentang kas dan investasi jangka pendek, piutang, persediaan, aktiva tetap, capital budgeting, perpajakan, bagaimana audit dilaksanakan, analisis laporan keuangan, akuntansi biaya dan penganggaran. Memahami keseluruhan isi buku ini cukup menjadi bekal untuk memberikan gambaran tentang apa itu akuntansi sesungguhnya. Tentu saja untuk melakukan pendalaman akan dibutuhkan buku-buku yang lain dan saran serta konsultasi ahli.
Di bagian pendahuluan, pengarang buku ini cukup memberikan gambaran tentang isi laporan keuangan, apa fungsi item laporan dan bagaimana memahami isi laporan keuangan. Dengan memberikan contoh-contoh yang sederhana membuat pembaca akan mudah mengikuti tuntunan penulis, apalagi penulis juga mencantumkan istilah-istilah yang biasa digunakan dalam ilmu akuntansi.
Tidak hanya menjelaskan tentang produk akhirnya yaitu laporan keuangan, buku ini juga menyajikan urutan prosesnya, layaknya buku-buku pengantar akuntansi dasar, buku ini juga menjelaskan mengenai istilah-istilah yang banyak digunakan dalam akuntansi seperti jurnal pengeluaran kas, jurnal penerimaan kas, jurnal penjualan, jurnal pembelian, jurnal umum dan lain-lain pada penjelasan tentang proses awal akuntansi yaitu mencatat jurnal. Bagaimana jurnal-jurnal dikelompokkan dan dirangkum dalam neraca percobaan sampai menjadi sebuah laporan keuangan yang utuh. Menjelaskan bagaimana suatu akun mengalir ke laporan laba/rugi atau ke neraca.
Buku ini juga menjelaskan kerangka konsep akuntansi, tidak hanya menjelaskan bagaimana prosesnya terjadi tetapi juga memberikan gambaran kerangka berpikir atau konsep mengapa suatu peristiwa disajikan sedemikian rupa seperti yang kita temui dalam laporan akuntansi. Menjelaskan bahwa akuntansi merupakan konsensus bersama tentang bagaimana sustu informasi keuangan itu disajikan, dengan demikian memberikan pemahaman bahwa penyusunannya tidak bisa dibuat semaunya sesuai logika pencatat keuangan tetapi sudah menjadi bahasa umum yang dipakai dalam dunia keuangan sebagaimana bahasa pemograman untuk para pelaku teknologi informasi. Memaparkan informasi keuangan dengan kerangka yang salah akan dipahami sebagai sesuatu yang salah atau akan disalahmengertikan.
Dalam pengelolaan keuangan ada dua konsep yang harus dipertimbangkan yaitu Efektivitas Biaya dan Materialitas dengan kedua konsep ini kita akan dapat menuilai apakah sebuah informasi cukup bernilai atau tidak. Suatu informasi dianggap bernilai jika:
dapat dimengerti oleh pengguna
menggambarkan kejadian di masa yang lalu
dapat dipakai untuk memprediksi masa depan
diperoleh pada saat yang tepat
Berbeda jenis perusahaannya, baik alam bentuk badan hukumnya, skala bisnisnya, bidang kerjanya akan menentukan tingkat kerumitan pencatatan akuntansinya, karena itu buku ini juga menjelaskan mengenai bagaimana laporan keuangan perusahaan manufaktur dengan laporan perusahaan dagang disusun.
Penjelasan mengenai akun-akun yang muncul di laporan keuangan cukup akan membantu pembaca memahami laporan keuangan secara keseluruhan terutama tambahan penjelasan mengenai kegunaan analisis laporan keuangan serta kendala-kendala yang mungkin dihadapi dalam membaca sebuah laporan keuangan. Tiga hal utama yang menjadikan buku ini cukup bermanfaat adalah karena buku ini akan memudahkan bagi pengambil keputusan, cocok untuk semua jenis badan usaha di Indonesia, dan juga dilengkapi dengan peraturan perpajakan yang berlaku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar