Minggu, 09 Desember 2012

ARTIKEL KE 11 TENTANG MENGGUNAKAN TEKHNIK-TEKHNIK PROMOSI YANG EFEKTIF

Artikel: Menggunakan Teknik – Teknik Promosi Yang Efektif

Untuk memulai atau membuat sebuah blog merupakan hal yang mudah. Tapi bagaimana cara untuk mempromosikannya? Mungkin ini adalah hal yang cukup sulit untuk menaikkan ranking blog dan membuat kita malas. Memulai dan mempromosikan blog merupakan dua hal yang berbeda. Teman-teman dan Andy bisa membuat sebuah blog dengan mudah. Siapa saja bisa dan banyak cara diinternet yang bisa kita pelajari tentang bagaimana menulis artikel dan membuat sebuah blog. Untuk membuat blog tetap hidup mungkin dapat kita lakukan dengan terus menulis dan posting konten baru. Tetapi masalahnya adalah, siapa yang akan membaca semua konten/postingan tersebut? Untuk itulah blog memerlukan suatu cara ampuh untuk memperkenalkan dan mensosialisasikannya, kata ini biasa di sebut dengan “promosi”. Sebagai seorang blogger, teman-teman (termasuk Andy pribadi) harus belajar cara untuk mempromosikan blog sehingga konten atau artikel kita dapat menarik khalayak yang tepat/sesuai target pembaca. Promosi merupakan cara dan teknik yang bisa dipelajari. Contohnya, mempromosikan blog dengan menggunakan SEO (search engine optimization). Teknik ini menjadi rahasia umum bagi para blogger dan kita harus menguasainya secara bertahap.
Untuk awal tahun ini Andy membuat kesimpulan dari teknik seo yang paling efektif untuk digunakan berdasarkan pengalaman pribadi. Berikut adalah beberapa tips SEO yang paling efektif untuk membantu mempromosikan blog:
1. Lakukan penelitian kata kunci (keyword research).
Untuk menulis artikel dalam blog, kita dapat memaksimalkannya dengan memasukkan kata kunci/keyword. Jadi sebaiknya teman-teman jangan hanya menulis tanpa mempertimbangkan keyword didalamnya. Hal ini karena sebagian besar pengunjung/visitor menggunakan search engine dengan memasukkan frasa kata kunci/keyword di dalam kotak pencarian. Dan seperti artikel tentang 10 karakter Google yang dijelaskan sebelumnya, Google akan menempatkan blog kita dalam hasil pencarian yang baik (10 besar halaman pertama) jika blog kita menggunakan teknik ini sebagai salah satu cara untuk optimasi search engine-nya. Jadi, pastikan teman-teman melakukan riset kata kunci/keyword dengan benar sebelum menulis. Tujuannya di sini adalah untuk memastikan bahwa kata kunci/keyword yang digunakan akan menghasilkan trafik untuk blog. Teman-teman dapat menulis konten berdasarkan keyword yang paling banyak digunakan pengunjung dibulan sebelumnya dan yang sesuai dengan tema blog . Cara atau teknik ini terbukti membantu Andy’s Blog dalam meningkatkan trafik dari search engine terutama Google.
2. Memaksimalkan Optimasi On-site.
kebanyakan blog sudah dioptimasi dalam search engine baik disadari ataupun tidak disadari contohnya, teman-teman dapat menemukan bahwa judul posting cenderung muncul dalam HTML tag judul dan URL blog yang sudah search engine friendly. Tetapi bagi kita yang menggunakan Wordpress atau Blogger sebagai providernya, ada sedikit cara yang dapat teman-teman lakukan untuk lebih meng-optimasi blog di search engine. Satu hal yang perlu kita perhatikan adalah dengan menggunakan “anchor text” yang tepat pada internal link didalam artikel. Link ini akan mengarah ke halaman lain di blog teman-teman yang tujuannya untuk lebih meningkatkan pageviews dan lebih atraktif bagi pembaca. Dibandingkan dengan menggunakan kata-kata seperti “klik di sini”, penggunaan anchor text dalam internal link akan lebih efektif apabila kita menggunakan frase kata kunci/keyword (contohnya “teknik advanced seo”)
3.Membangun backlink.
Ini adalah bagian yang paling penting untuk seorang blogger. Karena kita tidak memiliki situs eksternal, jadi bagaimana caranya agar kita mendapatkan link dari web/blog lain? Sebagai seorang blogger, kita perlu belajar bagaimana menjalin hubungan dengan blogger lain. Cara yang efektif adalah dengan mengunjungi blog lain atau blog yang populer dan mulai untuk menulis komentar. Dengan adanya komunikasi yang terjalin, maka akan lebih mengenal pemilik blog tersebut lebih baik dan ini merupakan awal yang baik. Andy sendiri sekarang memiliki beberapa teman baru yang didapatkan dari berkomentar dalam blog, dan komunikasi ini sekarang lebih intense sehingga Andy sering bertukar pikiran atau ide dengan mereka, baik melalui media blog, Chatting di messenger, facebook dsb. Ini merupakan awal yang baik untuk saling bertukar info, menambah teman dan tentu saja mempromosikan blog satu sama lain.
Jadi, jika sesama blogger sudah saling mengenal, kita bisa menggunakan persahabatan ini untuk keuntungan kedua belah pihak, diantaranya dengan menjadi “guest blogger“. Ada beberapa blogger terkenal Indonesia yang Andy temui dan mereka menyediakan fasilitas guest blogger bagi teman-teman yang ingin mempromosikan blognya diblog mereka. Caranya dengan membuat artikel yang biasanya memiliki tema yang sama dengan tema blog tersebut. Cara ini terbukti dapat meningkatkan trafik pengunjung dan sebagian besar pengunjungnya adalah pengunjung setia blog terkenal tersebut. Cara ini dapat berjalan satu sisi ataupun dua sisi, dengan begitu kedua blogger akan mendapatkan manfaatnya satu sama lain.
Secara garis besar, alasan utama kenapa teman-teman perlu membangun backlink adalah karena search engine menentukan ranking website/blog berdasarkan dengan jumlah backlink yang dimiliki. jadi, semakin banyak incoming link yang menuju ke blog teman-teman, semakin tinggi juga ranking yang akan didapat, tetapi backlinknya juga adalah backlink yang berkualitas dan khususnya dalam tema yang sama. SEO ranking yang tinggi akan mengarah pada meningkatnya jumlah trafik dari search engine. Dengan tiga teknik seo diatas, sekarang teman-teman dapat menulis sesuai dengan isi hati dan melihat ratusan pengunjung yang akan membaca konten/artikel setiap hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar