Minggu, 09 Desember 2012

ARTIKEL MATERI KE 7 TENTANG MEMPRODUKSI BARANG DAN JASA KELAS DUNIA

ARTIKEL MEMPRODUKSI BARANG DAN JASA KELAS DUNIA

on  at 1:25 pm
Posted In: Uncategorized
Produksi (production) adalah pembuatan barang dan jasa dengan menggunakan factor-faktor produksi : tanah, tenaga kerja, kewirausahaan, dan pengetahuan. Menurut sejarah, produksi telah dihubungakan dengan manufaktur, tetapi sifat bisnis telah berubah secara signifikan dalam kurang lebih 20 tahun terakhir. Sector jasa, termasuk layanan internet telah berkembang secara dramatis.
Manajemen produksi (Production management) merupakan istilah yang digunakan untuk mendiskripsikan untuk semua aktivitas yang dilakukan manajer untuk membantu perusahaan mereka dalam menghasilkan barang. Untuk mencerminkan perubahan dalam kepentingan ari manufaktur ke jasa, istilah produksi sering diganti dengan operasi untuk mencerminkan produksi barang dan jasa.
Manajemen operasi (operations management) adalah area khusus dalam manajemen yang mengubah atau mentransformasi sumber menjadi barang dan jasa. Ini mencakup manajemen inventaris, control kualitas, perencanaan produksi, jasa follow-up, dll. Setiap tahun, perusahaan menemukan cara otomatisasi baru untuk meniadakan kebutuhan akan tenaga kerja.
Manajemen operasi dalam industry jasa
Manajemen operasi dalam industry jasa menyangkut dalam menciptakan pengalaman yang bagus bagi mereka yang menggunakan layanan ini. Manajemen operasi di hotel-hotel didasarkan pada pelanggan. Idenya hanya untuk menawarkan layanan yang melebihi harapan pelanggan. Kunci kesuksesannya adalah pelatihan dan lebih banyak pelatihan.
Menyenangkan para pelanggan dengan cara mengantisipasi kebutuhan mereka telah menjadi standart kualitas untuk hotel-hotel mewah, seperti halnya untuk sebagian besar bisnis jasa lainnya. Akan tetapi, mengetahui kebutuhan pelanggan dan memenuhi kebutuhan tersebut adalah dua hal yang berbeda. Itulah mengapa manajemen operasi begitu penting.

PROSES PRODUKSI
Form utility adalah nilai yang ditambahkan dengan pembuatan produk dan jaa yang sudah jadi, seperti nilai yang ditambahkan dengan penggunaan silicon dengan pembuatan chip computer atau penggabungan layanan untuk menciptakan paket liburan. Amerika serikta dapat mempertahankan posisi kepemimpinan dalam produksi dengan merancang yang baru dan lebih baik.
Manufaktur proses adalah bagian proses produksi yang secara fisik atau kimiawi mengubah bahan.
Proses perakitan adalah bagian proses produksi yang menyatukan komponen-komponen.
MASUKAN      →     KONTROL PRODUKSI     →    HASIL
Tanah                                  Perencanaan                      Barang
Tenaga kerja                      Pengarahan                         Jasa
Modal                                   Penjadwalan                        ide
Kewirausahaan                 Pengiriman
pengetahuan                      Follow-up
Proses sebentar-bentar adalah proses produksi dimana jumlah produksi sedikit dan masih sering diubah untuk membuat produk-produk yang berbeda.
Kebutuhan untuk meningkatkan tehnik produksi dan menghemat biaya
Desain yang dibantu dengan computer (computer-aided desaign-CAD) penggunaan computer dalam desain produk. Manufaktur yang dibantu dengan computer (computer-aided manfucaturing-CAM) penggunaan computer dalam manufaktur produk. Manufaktur yang diintegrasi oleh computer (computer-integrated manufacturing-CIM) penyatuan desain yang dibantu computer dengan manufaktur yang dibantu dengan computer.
Manufaktur yang flesibel » merancang mesin untuk banyak tugas, sehingga mesin tersebut dapat menghasilkan beragam produk.
Manufaktur yang ramping -> produksi barang dengan menggunakan segala sumber yang lebih sedikit ketimbang produksi massa.
Penyesuaian massa -> menyesuaikan produk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan individual.
Perencanaan persyaratan bahan (materials requirement planning-MRP) adalah system manajemen operasi yang berbasis computer yang menggunakan ramalan penjualan untuk memastikan bahwa bagian-bagian dan bahan-bahan yang dibutuhkan tersedia pada waktu dan tempat yang tepat di satu perusahaan tertentu.
Perencanaan sumber perusahaan (enterprise resource planning-ERP) adalah aplikasi lomputer yang memungkinkan banyak perusahaan untuk mengatur semua operasi mereka pada basis kumpulan data korporat yang terintegrasi.
Control kualitas
Kualitas adalah secara konsisten memproduksi pa yang diinginkan pelanggan sementara mengurangi kesalahan sebelum dan setelah pengiriman kepada pelanggan. Produk diselesaikan dan kemudian diuji. Ini mengakibatkan beberapa masalah :
a. Ada kebutuhan untuk menginspeksi pekerjaan orang lain. Dibutuhlan ekstra orang dan sumber.
b. Apabila ditemukan kesalaha, seseorang harus membetulkan kesalahan atau membatalkan produk tersebut.
c. Apabila pelanggan menemukan kesalahan, ia dapat merasa tidak puas dan bahkan dapat memebeli dari orang lain setelahnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar